Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Daging Kerbau Beku serta Implementasi terhadap Bauran Pemasaran
Studi Kasus: Perum BULOG Divre DKI Jakarta dan Banten
Abstract
Perusahaan Umum (Perum) BULOG merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Salah satu tugas Perum BULOG yaitu melakukan pengadaan pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional serta kegiatan komersial perusahaan. Selain beras, pengadaan pangan yang disediakan yaitu daging kerbau. Upaya pemasaran yang sesuai perlu dilakukan perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian, serta implementasi terhadap bauran pemasaran daging kerbau beku Perum BULOG Divre DKI Jakarta dan Banten. Penelitian ini diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor. Terdapat delapan faktor baru yang memengaruhi keputusan pembelian daging kerbau beku Perum BULOG Divre DKI Jakarta dan Banten yaitu kualitas produk, akses produk, pengaruh lingkungan, persepsi konsumen, budaya dan demografi konsumen, promosi, informasi produk, dan kebutuhan mengonsumsi produk. Faktor utama yang paling memengaruhi adalah kualitas produk.