Analisis Daya Saing Bunga Krisan Di Pasar Jepang

Analysis of the Competitiveness of Chrysanthemum Flowers in the Japanese Market

Authors

  • Dinda Afifah Wulandari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi

Abstract

Bunga krisan merupakan salah satu komoditas florikultura yang mempunyai jumlah produksi terus meningkat. Sebagian besar bunga krisan Indonesia diekspor ke Jepang namun Indonesia hanya memenuhi 0,19% dari total ekspor bunga krisan ke Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keunggulan komparatif bunga krisan di pasar Jepang dan (2) mengalisis keunggulan kompetitif bunga krisan di pasar Jepang. Penelitian ini menggunakan metode Revealed Comparative Advantage untuk menganalisis keunggulan komparatif bunga krisan di Jepang dan metode Export Product Dynamic serta Diamond’s Porter untuk menganalisis keunggulan kompetitif bunga krisan di Jepang. Hasil peneltian menunjukan bahwa Indonesia tidak memiliki keunggulan komparatif, sedangkan terkait keunggulan kompetitif, ekspor bunga krisan Indonesia memiliki keunggulan kompetitif yang relatif lemah. Bunga krisan Indonesia berada pada posisi falling star serta faktor strategi, struktur, dan persaingan perusahaan menjadi keunggulan nasional untuk ekspor bunga krisan, sedangkan faktor kondisi, faktor industri terkait dan pendukung, faktor permintaan masih menjadi masalah dalam ekspor krisan Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-19 — Updated on 2023-02-13

Versions